RPP 1.12
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : 1.12 Membuat parafrasa dari teks tertulis
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 pertemuan)
Indikator :
* Mengungkapkan kembali dengan kalimat sendiri secara tertulis teks yang telah dibaca.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses belajar mengajar, siswa dapat: 1) Siswa dapat memparafrasa kata/frasa/ungkapan dan kalimat dengan berbagai cara seperti sinonim parafrasa, aktif-pasif, langsung-tak langsung, tunggal-majemuk, dan variasi susun kata.
2) Siswa dapat memparafrasa wacana dari monolog ke dialog, dialog ke monolog, puisi ke prosa, dan peringkasan/pengintisarian wacana.
3) Siswa dapat menemukan ide-ide pokok pada wacana yang dibaca.
4) Siswa dapat menjawab pertanyaan atas wacana yang dibaca dan parafrasa yang ditulis
II. Materi Pembelajaran :
* Cara/teknik menyusun parafrasa
* Aneka bentuk teks
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, belajar mandiri
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1) Salam, presensi
2) Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan memparafrasa berbagai kalimat/teks dalam kehidupan dan/atau dunia kerja/profesi seperti resensor, pembuat skenario film, sutradara, wartawan, dsb.
b. Kegiatan Inti (Penyajian)
1) Siswa memparafrasa kata/frasa/ungkapan dan kalimat dengan berbagai cara seperti sinonim parafrasa, aktif-pasif, langsung-tak langsung, tunggal-majemuk, dan variasi susun kata.
2) Siswa dapat memparafrasa wacana dari monolog ke dialog, dialog ke monolog, puisi ke prosa, dan peringkasan/pengintisarian wacana.
3) Siswa dapat menemukan ide-ide pokok pada wacana yang dibaca.
4) Siswa dapat menjawab pertanyaan atas wacana yang dibaca dan parafrasa yang ditulis
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
1) Komentar siswa tentang manfaat atau nilai tambah dari modul yang baru saja dipelajari sebagai umpan balik (feed back).
2) Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memparafrasa berbagai kalimat/teks dalam kehidupan dan/atau dunia kerja/profesi seperti resensor, pembuat skenario film, sutradara, wartawan, dsb.
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Teks berbagai bentuk: dialog, monolog, puisi, prosa, drama.
c. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan, perbuatan, penilaian portofolio
b. Bentuk: Pilihan ganda, uraian
c. Instrumen: Terlampir
Medan, Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Wakasek Kurikulum
_____________________ _____________________
NIP. NIP.
Menyetujui
Kepala Sekolah
_______________________
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar