Menurut Manullang ( 2001 : 71 ) Prinsip – prinsip latihan terdiri dari senbilan bagian yaitu :
1. Perbedaan individu (Individual difference )
2. Hubungan dengan analisis pekerjaan ( Ralation to job analysis )
3. Motivasi (Motivatiaon )
4. Partisipasi yang aktif ( selection participation )
5. seleksi pelatihan ( selection of trainees )
6. Pemilihan para pengajar ( selection of trainer )
7. Pelatihan pengajaran (trainer training )
8. Metode pelatihan (training methods)
9. Prinsip belajar (principles od training)
Manfaat pendidikan Pelatihan
Menurut (Siswanto : 160) Manfaat dari pendidikan pelatihan
1. Meningkatkan keahlian
2. Mengurangi keterlambatan kerja,kemangkiran,dan perpindahan tenaga kerja.
3. meningkatkan produktivitas.
4. meningkatkan kecakapan kerja
5. meningkatkan rasa tanggung jawab.
Menurut Vaithzal (2005 : 231 ) manfaat peltihan terdiri atas beberapa bagian yaitu :
1. Manfaat untuk karyawan
a. Membantu karyawan dalam membuat keputusan dan pecahan nasalah yang lebih efektif
b. Melalui pelatihan dan pengembangan,variabel pengenalan,pencapaian prestasi,pertubuhan,tanggung jawab,dan kemajuan dapat di internalisasi dan dilaksana.
c. Membantu mendorong dan mengembangkan diri dan rasa percaya diri.
d. Membantu karyawan mengatasi stres,tekanan,frustasi,dan konflik.
e. Memberikan informasi tentang meningkatnya pengetahuan kepemimpinan,keterampilan dan sikap.
2. Manfaat untuk perusahaan atau instansi
a. Mengarahkan untuk meningkatkan profitabilitas atau sikaplebih positif terhadap orientasi profit.
b. Memperbaiki pengetahuan kerja dan keahlian pada semua level.
c. Memperbaiki moral SDM.
d. Membantu karyawan mengetahui tujuan perusahaan.
e. Membantu menciptakan image perusahaan atau instansi yang baik.
f. Membantu pengembangan perusahaan atau instansi.
g. Perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih efektif.
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar