RPP 1.1
Nama Sekolah :
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : X/I
Pertemuan : 1-2
Alokasi waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana.
Kompetensi Dasar : Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
KKM : 70
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- Mencatat kata-kata yang dilafalkan dengan intonasi, tekanan, dan jeda dengan pengaruh bahasa daerah dari rekaman yang didengar melalui radiotape.
- Menunjukkan contoh kata yang dilafalkan dengan tekanan, intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak baku.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Pembelajaran
1. Informasi dan contoh lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
2. Bentuk reaksi kinetik atau verbal bila mendengar pelafalan, tekanan, intonasi, atau jeda yang lazim/baku dan yang tidak
III. Metode Pembelajaran
Kegiatan praktik menyimak dari rekaman yang diperdengarkan.
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
a. Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru, yaitu menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
- Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang Informasi dan contoh lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
- Siswa mulai mengerjakan modul dengan menyimak rekaman yang diperdengarkan.
- Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.
- Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru.
- Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang telah dibagikan.
- Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada gurunya untuk diperiksa.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa mengelompokkan dan menunjukkan kata-kata yang dilafalkan dengan pengaruh tekanan, intonasi, dan jeda bahasa daerah.
Kegiatan Akhir
Dalam Kegiatan Akhir, guru:
a. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. Menutup pelajaran
V. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia SMK Tingkat Semenjana dan modul Simpati SMK.
2. Rekaman, KBBI dan buku-buku tambahan.
VI. Penilaian
Indikator | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes tertulis | Uraian |
Format Kriteria Penilaian
Ø Produk (Hasil Diskusi)
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
Ø Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Praktik Sikap | * aktif * cukup aktif * kurang aktif * baik * cukup baik * kurang aktif | 3 2 1 3 2 1 |
Ø Lembar Penilaian
No | Nama Peserta Didik | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Praktik | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10.
· Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Mengetahui Medan, Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________________ _______________________
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar