RPP 1.10
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : 1.10 Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Indikator :
* Menetapkan topik berdasarkan tema tertentu
* Membuat kerangka karangan
* Menentukan kalimat utama berdasarkan kerangka yang ditetapkan
* Menyusun karangan sesuai dengan pilihan jenis karang tertentu (narasi, deskripsi, eksposisi) dengan pemilihan kata, bentuk kata dan ungkapan serta peribahasa dengan tepat.
I. Tujuan Pembelajaran :
1) Siswa dapat memilih kata dan bentukan-bentukan kata secara tepat dari sudut pandang gramatika dan maknanya.
2) Siswa dapat mengidentifikasi kesalahan pemilihan kata dan bentukan-bentukan kata serta dapat menyuntingnya menjadi bentuk yang efektif.
3) Siswa dapat memilih ungkapan dan peribahasa secara tepat sesuai dengan konteksnya/situasinya.
4) Siswa dapat menggunakan sinonim parafrasa untuk menghindari pengulangan dalam wacana.
5) Siswa dapat membuat parafrasa dengan negasi antonim secara kreatif dalam membuat wacana.
6) Siswa dapat mengidentifikasi topik-topik yang relevan dengan suatu tema untuk menyusun kerangka karangan narasi/deskripsi/eksposisi .
7) Siswa dapat menyusun karangan jenis narasi/deskripsi/eksposisi sederhana dengan menggunakan pilihan kata, bentuk kata, ungkapan, dan peribahasa secara yang tepat berdasarkan suatu tesis (pernyataan dasar).
II. Materi Pembelajaran:
* Perencanaan karangan: Penentuan topik/judul, perumusan tujuan/tesis/ maksud karangan
* Langkah-langkah menulis (narasi, deskripsi, eksposisi)
* Kiat memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan, serta peribahasa dalam menulis sesuai dengan tema karangan/jenis karangan
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, belajar mandiri
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1) Salam, presensi
2) Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan memilih kata, ungkapan, dan peribahasa dalam kehidupan dan/atau dunia kerja pada umumnya dan dalam tulis-menulis khususnya.
b. Kegiatan Inti (Penyajian)
1) Siswa memilih kata dan bentukan-bentukan kata secara tepat dari sudut pandang gramatika dan maknanya untuk melengkapi kalimat.
2) Siswa mengidentifikasi kesalahan pemilihan kata dan bentukan-bentukan kata serta dapat menyuntingnya menjadi bentuk yang efektif.
3) Siswa memilih ungkapan dan peribahasa secara tepat sesuai dengan konteksnya/situasinya.
4) Siswa menggunakan sinonim parafrasa untuk menghindari pengulangan dalam wacana.
5) Siswa membuat parafrasa dengan negasi antonim secara kreatif dalam membuat wacana.
6) Siswa mengidentifikasi topik-topik yang relevan dengan suatu tema untuk menyusun kerangka karangan narasi/deskripsi/eksposisi .1) Siswa memilih kata dan bentukan-bentukan kata secara tepat dari sudut pandang gramatika dan maknanya untuk melengkapi kalimat.
2) Siswa mengidentifikasi kesalahan pemilihan kata dan bentukan-bentukan kata serta dapat menyuntingnya menjadi bentuk yang efektif.
3) Siswa memilih ungkapan dan peribahasa secara tepat sesuai dengan konteksnya/situasinya.
4) Siswa menggunakan sinonim parafrasa untuk menghindari pengulangan dalam wacana.
5) Siswa membuat parafrasa dengan negasi antonim secara kreatif dalam membuat wacana.
7) Siswa menyusun karangan jenis narasi/deskripsi/eksposisi sederhana dengan menggunakan pilihan kata, bentuk kata, ungkapan, dan peribahasa secara yang tepat berdasarkan suatu tesis (pernyataan dasar).
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
1) Komentar siswa tentang manfaat atau nilai tambah dari modul yang baru saja dipelajari sebagai umpan balik (feed back).
2) Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memilih kata, ungkapan, dan peribahasa dalam kehidupan dan/atau dunia kerja pada umumnya dan dalam tulis-menulis khususnya.
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Majalah, koran, internet
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Pilihan ganda, uraian
c. Instrumen: Terlampir
Medan, Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Wakasek Kurikulum
_____________________ _____________________
NIP. NIP.
Menyetujui
Kepala Sekolah
_______________________
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar