RPP 1.9
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : 1.9 Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Indikator :
* Menggunakan kata atau bentuk kata yang sama dalam perincian dengan memperhatikan keefektifan dan keefisienan rincian
I. Tujuan Pembelajaran :
1) Siswa dapat mengidentifikasi kelas kata dan frasa (benda, kerjam sifat, keterangan, dan kata tugas)
2) Siswa dapat memilih bentuk kata yang tepat sesuai dengan kategori/kelas katanya dalam teks.
3) Siswa dapat memanfaatkan konsep kelas kata/frasa dalam membuat pemerian dan wacana yang efektif.
4) Siswa dapat mengidentifikasi kalimat-kalimat tidak efektif dalam suatu teks dan menyuntingnya menjadi kalimat-kalimat efektif.
5) Siswa dapat membuat karangan/wacana yang berisi pemerian dengan menerapkan konsep kelas/kategori kata/frasa.
II. Materi Pembelajaran :
* Teks yang mengandung rincian yang berupa:
- Kelas kata
- Bentuk kata
- Frasa
- Kalimat efektif
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, belajar mandiri
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1) Salam, presensi
2) Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya memahami kelas kata/frasa dalam pembuatan rincian dan wacana khususnya, dan dalam kehidupan dan/atau dunia kerja pada umumnya.
b. Kegiatan Inti (Penyajian)
1) Siswa dapat mengidentifikasi kelas kata dan frasa (benda, kerja, sifat, keterangan, dan kata tugas)
2) Siswa dapat memilih bentuk kata yang tepat sesuai dengan kategori/kelas katanya dalam teks.
3) Siswa dapat memanfaatkan konsep kelas kata/frasa dalam membuat pemerian dan wacana yang efektif.
4) Siswa dapat mengidentifikasi kalimat-kalimat tidak efektif dalam suatu teks dan menyuntingnya menjadi kalimat-kalimat efektif.
5) Siswa membuat karangan/wacana yang berisi pemerian dengan menerapkan konsep kelas/kategori kata/frasa.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
1) Komentar siswa tentang manfaat atau nilai tambah dari modul yang baru saja dipelajari sebagai umpan balik (feed back).
2) Penegasan guru tentang pentingnya memahami kelas kata/frasa dalam pembuatan rincian dan wacana khususnya, dan dalam kehidupan dan/atau dunia kerja pada umumnya.
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Majalah, koran, internet
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Pilihan ganda, uraian
c. Instrumen: Terlampir
Medan, Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Wakasek Kurikulum
_____________________ _____________________
NIP. NIP.
Menyetujui
Kepala Sekolah
_______________________
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar