Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Part 3

Bookmark and Share

RPP 1.3


Nama Sekolah               :  SMK
Program Keahlian         :
Mata Pelajaran              :  BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester           X/I
Pertemuan                     :  1-2
Alokasi waktu               :  2 jam pelajaran
Standar Kompetensi     :  Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana.
Kompetensi Dasar        :  Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
KKM                            : 70


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit
  2. membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik pindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
  3. membuat catatan pokok-pokok isi bacaan yang disediakan sesuai dengan cara/ teknik membuat catatan.
  4. menjelaskan bagian bacaan tertentu secara rinci dan urut dengan bahasa sendiri

Karakter siswa yang diharapkan :                   Percaya diri (self confidence)
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
H.      Materi Pembelajaran
  1. Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
  2. Konsep tentang sarana komunikasi, kesadaran berbahasa, dan sikap berbahasa yang positif.
  3. Cara/teknik membuat catatan
  4. Cara/teknik menyusun bagian bacaan (eksposisi)
  5. Informasi tentang hubungan seni berbahasa, sastra dan apresiasi
  6. Cara/teknik menafsirkan kata, bentuk kata dan ungkapan idiomatik dengan tepat, dan pemanfaatan Kamus.

II.      Metode Pembelajaran
Kegiatan praktik membaca dari wacana dalam modul.

III.   Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi membaca untuk memahami informasi tertulis dalam konteks  bermasyarakat. .
2.      Elaborasi
  Dalam kegiatan elaborasi,
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman.
  2. Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan tentang sarana komunikasi, kesadaran berbahasa, dan sikap berbahasa yang positif.
  3. Siswa membacakan hasil diskusi kemudian siswa lain menanyakan dan menyanggah hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
  4. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelas.
  5. Guru menjelaskan materi cara/teknik membuat catatan dan siswa mendengarkan penjelasan guru.
  6. Siswa ditugaskan mencari informasi yang berhubungan dengan seni berbahasa, sastra dan apresiasi.
  7. Siswa mencatat isi pokok informasi dan menafsirkan kata, bentuk kata dari isi pokok informasi yang dicatat.
  8. Siswa membacakan hasil catatannya di depan kelas. 
  9. Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. 
  10. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang telah dibagikan.
  11. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada gurunya untuk diperiksa.
3.      Konfirmasi
      Dalam kegiatan konfirmasi,
a.   Mengadakan refleksi
b.   Guru memberi tugas kepada siswa
Kegiatan Akhir
Dalam Kegiatan Akhir, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;

b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

c. menutup pelajaran

IV.   Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia SMK Tingkat Semenjana dan modul Simpati SMK.
2.              Rekaman, KBBI dan buku-buku tambahan.

V.      Penilaian
Indikator
Penilaian
Teknik

Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·     Membaca cepat permulaan (120– 50 kata) per menit
·     Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik memindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230–250 kata per menit.

Tes tertulis


Uraian 



Format Kriteria Penilaian      
Ø   Produk (Hasil Diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

Ø  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang aktif
3
2
1
3
2
1




Ø  Lembar Penilaian
No
Nama Peserta Didik
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






 
 Catatan:
  Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10.
·        Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.



Mengetahui                                                                             Medan,       Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


                                                                                                                                   
Nip.                                                                                         Nip.



Previous....
Next....

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

PERIKLANAN

UNTUK INFO DAN PEMASANGAN Hubungi : YULIADI Telepon : 061-7646 9682 Handphone : 0822 7200 7787