RPP 1.4
Nama Sekolah : SMK
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : X/I
Pertemuan : 1-2
Alokasi waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana.
Kompetensi Dasar : Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
KKM : 70
H. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:- mengidentifikasi sumber informasi dan jenis teks dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman.
- mencatat isi pokok informasi dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan yang benar.
- memilih fakta dan opini, proses dan hasil dengan menggunakan cara/ teknik membuat catatan.
- menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah teridentifikasi.
- mengungkapkan gambar bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal.
- mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal.
- menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini
Karakter siswa yang diharapkan : Percaya diri (self confidence)
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kerja sama
I. Materi Pembelajaran
- Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman termasuk cara membaca grafik dan matriks.
- Cara/teknik membuat catatan/konsep tentang sarana komunikasi kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
- Ciri penanda masalah, gaya tulisan, fakta, opini, proses (imbuhan pe-an) dan hasil (imbuhan pe-an) yang terdapat dalam teks.
- Konsep tentang sarana komunikasi kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
- Informasi dan teknik membuat teks nonverbal.
- Teknik membuat simpulan (induktif – deduktif) dan rumusan simpulan (singkat, padat dan lugas).
II. Metode Pembelajaran
Kegiatan praktik membaca dari wacana dalam modul.
III. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks.
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara/ teknik membaca cepat untuk pemahaman pada grafik dan matriks.b. Siswa menganalisis data kemudian mengubah data tersebut dari verbal ke nonverbal atau sebaliknya kemudian membuat kesimpulan atas data tersebut.
c. Guru membagi teks bacaan kepada siswa.
d. Siswa diminta untuk menganalisis bahasa yang digunakan dalam teks tersebut.
e. Siswa ditugaskan untuk mengelompokkan sikap-sikap berbahasa yang positif dan negatif.
f. Guru mengulas kembali penjelasan yang ada dalam modul tentang kalimat yang menyatakan fakta, opini, proses dan hasil.
g. Siswa ditugaskan untuk menentukan fakta, opini, proses dan hasil.
h. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang teknik membuat simpulan.
i. Guru menugaskan siswa untuk mencari simpulan induktif dan deduktif
j. Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru.
k. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang telah dibagikan.
l. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada gurunya untuk diperiksa.
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
a. Mengadakan refleksi.
b. Guru memberi tugas kepada siswa.
Kegiatan Akhir
Dalam Kegiatan Akhir, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. menutup pelajaran
IV. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia SMK Tingkat Semenjana dan modul Simpati SMK.
2. Rekaman, KBBI, dan buku-buku tambahan.
V. Penilaian
Indikator | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes tertulis | Uraian |
Format Kriteria Penilaian
Ø Produk (Hasil Diskusi)
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
Ø Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Praktik Sikap | * aktif * cukup aktif * kurang aktif * baik * cukup baik * kurang aktif | 3 2 1 3 2 1 |
Ø Lembar Penilaian
No | Nama Peserta Didik | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Praktik | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10.
· Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Mengetahui Medan, Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar