Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Part 4

Bookmark and Share

RPP 1.4

Nama Sekolah               :  SMK
Program Keahlian         :
Mata Pelajaran              :  BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester           X/I
Pertemuan                     :  1-2
Alokasi waktu               :  8 jam pelajaran
Standar Kompetensi     :  Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana.
Kompetensi Dasar        :  Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
KKM                            : 70

H.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. mengidentifikasi sumber informasi dan jenis teks dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman.
  2. mencatat isi pokok informasi dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan yang benar.
  3. memilih fakta dan opini, proses dan hasil dengan menggunakan cara/ teknik membuat catatan.
  4. menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah teridentifikasi.
  5. mengungkapkan gambar bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal.
  6. mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal.
  7. menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini
Karakter siswa yang diharapkan :                   Percaya diri (self confidence)
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kerja sama


I.       Materi Pembelajaran
  1. Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman termasuk cara membaca grafik dan matriks.
  2. Cara/teknik membuat catatan/konsep tentang sarana komunikasi kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
  3. Ciri penanda masalah, gaya tulisan, fakta, opini, proses (imbuhan pe-an) dan hasil (imbuhan pe-an) yang terdapat dalam teks.
  4. Konsep tentang sarana komunikasi kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
  5. Informasi dan teknik membuat teks nonverbal.
  6. Teknik membuat simpulan (induktif – deduktif) dan rumusan simpulan (singkat, padat dan lugas).

II.     Metode Pembelajaran
      Kegiatan praktik membaca dari wacana dalam modul.

III.  Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi memahami informasi  tertulis dalam berbagai  bentuk teks.
2.  Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi,
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara/ teknik membaca cepat untuk pemahaman pada grafik dan matriks.
b. Siswa menganalisis data kemudian mengubah data tersebut dari verbal ke nonverbal atau sebaliknya kemudian membuat kesimpulan atas data tersebut.
c. Guru membagi teks bacaan kepada siswa.
d. Siswa diminta untuk menganalisis bahasa yang digunakan dalam teks tersebut.
e. Siswa ditugaskan untuk mengelompokkan sikap-sikap berbahasa yang positif dan negatif.
f. Guru mengulas kembali penjelasan yang ada dalam modul tentang kalimat yang menyatakan fakta, opini, proses dan hasil.
g. Siswa ditugaskan untuk menentukan fakta, opini, proses dan hasil.
h. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang teknik membuat simpulan.
i. Guru menugaskan siswa untuk mencari simpulan induktif dan deduktif
j. Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru.
k. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang telah dibagikan.
l. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada gurunya untuk diperiksa.

3.  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
a.   Mengadakan refleksi.
b.   Guru memberi tugas kepada siswa.
Kegiatan Akhir
Dalam Kegiatan Akhir, guru:
a. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. menutup pelajaran

IV.  Alat dan Sumber Belajar
1.   Buku Bahasa Indonesia SMK Tingkat Semenjana dan modul Simpati SMK.
2.  Rekaman, KBBI, dan buku-buku tambahan.

V.     Penilaian
Indikator
Penilaian
Teknik

Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·     Mengidentifikasi informasi sumber informasi dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
·     Mencatat isi pokok Informasi dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan yang benar
·     Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi, dan eksposisi) dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
·     Memilih fakta dan opini dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan
·     Memilih proses dan hasil dengan menggunakan  cara/teknik membaca cepat dan cara/teknik membuat catatan
·     Menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah  teridentifikasi
·     Mengungkapkan gambar bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal.
·     Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
·     Menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini.
Tes tertulis


Uraian 


Format Kriteria Penilaian       
Ø   Produk (Hasil Diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Ø  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktik


Sikap
* aktif
* cukup aktif
* kurang aktif
* baik
* cukup baik
* kurang aktif
3
2
1
3
2
1

Ø  Lembar Penilaian
No
Nama Peserta Didik
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






 
 Catatan:
  Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10.
·        Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.


Mengetahui                                                                             Medan,       Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


                                                                                                                                   
Nip.                                                                                         Nip.



Previous....
Next....

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

PERIKLANAN

UNTUK INFO DAN PEMASANGAN Hubungi : YULIADI Telepon : 061-7646 9682 Handphone : 0822 7200 7787