RPP 1.6
Nama Sekolah : SMK
Program Keahlian :
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : X/I
Pertemuan : 1-2
Alokasi waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana.
Kompetensi Dasar : Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
KKM : 70
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan tuntunan situasi komunikasi secara tepat, menarik, dan kreatif.
- memanfaatkan sinonim atau parafrase untuk menghindari pengulangan mubazir kata yang sama dalam satu kalimat/paragraf.
- membedakan pemakaian kata bersinonim yang memiliki nuansa yang berbeda berdasarkan makna hakikat, kontekstual, situasional, makna stuktural, dan metalogis.
- menggunakan kata atau ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras berkata.
Karakter siswa yang diharapkan : Percaya diri (self confidence)
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Pembelajaran
- Cara memanfaatkan sinonim dalam kaitannya dengan konteks
- Makna leksikal, makna kontekstual, (situasinal/makna stuktural, metaforis)
- Kalimat efektif
III. Metode Pembelajaran
Kegiatan praktik mengucapkan dan menuliskan kata-kata.
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi cara memanfaatkan sinonim dalam kaitannya dengan konteks.
b. Siswa mencari teks wacana kemudian mengidentifikasi wacana tersebut dari segi makna leksikal dan makna kontekstual.
c. Siswa maju kedepan kelas membacakan hasil pekerjaannya.
d. Siswa berpasang-pasangan, kemudian maju kedepan kelas untuk mempraktekkan penggunaan kata sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras berkata.
e. Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru.
f. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang telah dibagikan.
g. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada gurunya untuk diperiksa.
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
a. Mengadakan refleksi
b. Guru memberi tugas kepada siswa
V. Alat dan Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia SMK Tingkat Semenjana dan modul Simpati SMK.
2. Rekaman, KBBI, dan buku-buku tambahan.
VI. Penilaian
Indikator | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Tes tertulis | Uraian |
Format Kriteria Penilaian
Ø Produk (Hasil Diskusi)
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
Ø Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Praktik Sikap | * aktif * cukup aktif * kurang aktif * baik * cukup baik * kurang aktif | 3 2 1 3 2 1 |
Ø Lembar Penilaian
No | Nama Peserta Didik | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Praktik | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Catatan:
Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10.
· Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Mengetahui Medan, Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar