RPP 1.7
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / 2
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : 1.7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat dan santun
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Indikator :
* Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar dan ketersampaian pesan* Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
* Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses belajar mengajar, siswa dapat:
- Siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat berdasarkan kaidah bahasa, nalar dan ketersampaian pesan
- Siswa dapat mengidentifikasikan kalimat yang tidak komunikatif, tetapi cermat
- Siswa dapat menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat dan santun dalam pembicaraan
II. Materi Pembelajaran :
* Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat kaidah bahasa, nalar ketersampaian pesan
* Contoh-contoh kalimat efektif dan tidak efektif.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1) Salam, presensi
2) Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun dalam dunia kerja dan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti
1) Siswa mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dari suatu teks dan membetulkannya.2) Siswa mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat dari suatu teks dan membetulkannya.
3) Siswa mengidentifikasi kalimat yang tidak/kurang santun dari suatu teks menjadi kalimat yang santun..
4) Siswa dapat menyunting teks (paragraf) yang kurang komunikatif / kurang efektif / kurang santun menjadi teks yang komunikatif, efektif, dan santun.
5) Siswa membuat kalimat yang komunikatif, cermat dan santun untuk percakapan dengan teman sebaya dan orang tua/guru.
6) Siswa menyusun dialog dengan memperhatikan kalimat yang komunikatif, cermat dan santun dalam waktu yang telah ditentukan
c. Kegiatan Akhir
1) Komentar siswa tentang modul yang baru saja dipelajari sebagai umpan balik (feed back).
2) Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan menggunakan kalimat yang baik, tepat dan santun dalam dunia kerja, misalnya dalam komunikasi antara bawahan dan atasan, dan dalam kehidupan sehari-hari.
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Majalah, koran, internet
c. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik : Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b. Bentuk soal: Pilihan ganda, uraian
c. Instrumen: Terlampir.
Medan, Juli 2010
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Wakasek Kurikulum
NIP. NIP.
Menyetujui
Kepala Sekolah
__________________________________
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar